Monday, March 28, 2011

Wow! Satu Kimono Ubud Rp 30 juta!

Kimono, pakaian tradisional Jepang ternyata tidak hanya dibuat di negara asalnya itu. Kimono yang banyak dijual dan dipakai di Negeri Matahari Terbit juga bikinan para pengrajin di kawasan Ubud, Bali.

Pembuatan kimono di Desa Mas, Ubud seluruhnya dikerjakan dengan tangan. Pembikinan kimono diawali dengan membuat sketsa motif yang dilakukan beberapa seniman gambar. Kain kemudian dikukus dengan cairan rumput laut. Ini agar sutra yang menjadi bahan kimono menjadi keras dan mudah diwarnai. Selanjutnya adalah mewarnai sketsa kimono dengan tinta warna yang khusus diimpor dari Jepang.


Tak urung pembuatan dengan tangan menjadikan sebuah kimono baru selesai sekitar dua hingga tiga bulan. Jangan heran jika harga satu kimono setelah dijual di Jepang rata-rata mencapai 500 ribu yen atau sekitar Rp 30 juta.

Pembuat kimono Ida Bagus Astawa Manuaba yang juga mantan guide turis Jepang memulai usahanya dengan modal sebesar Rp 200 juta pada 1990. Astawa yang awalnya mempekerjakan 20 karyawan kini telah mempekerjakan 100 karyawan. Ia mampu memproduksi 20 hingga 30 kimono per bulan yang semuanya dikirim ke Negeri Sakura

sumber

0 comments:

Post a Comment

Followers